VERIVIKASI UKK SMK NUSA MANDIRI

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. UKK dapat dilaksanakan menggunakan standar yang ditetapkan oleh industri, Lembaga Sertifikasi Profesi, dan/atau perangkat uji yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Tempat-tempat uji kompetensi.

Ada tiga perangkat Uji Kompetensi tersedia, yaitu :

  1. Soal Praktik Kejuruan (SPK) adalah berupa penugasanbagi peserta uji untuk membuat atau proses dan mengerjakan suatu produk/jasa
  2. Pedoman Penilaian Soal Praktik (PPsp) adalah instrumen yang digunakan untuk pemberian skor setiap komponen penilaian. Lembar penilaian memuat komponen penilaian, sub-komponen penilaian, pencapaian kompetensi, dan kriteria/rubrik penilaian.
  3. Instrumen Verifikasi Penyelenggara Ujian Praktik Kejuruan (InV) adalah instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan satuan pendidikan atau institusi lain sebagai tempat penyelenggaraan ujian Praktik Kejuruan. Instrumen verifikasi memuat standar persyaratan peralatan utama, standar persyaratan peralatan pendukung,standar persyaratan tempat/ruang serta memuat persyaratan penguji yang terdiri atas penguji internal dan eksternal


               Untuk memenuhi dari point tiga di atas. Sebelum kegiatan Uji Kompetensi di selenggaran, dilakukan Verifikasi TUK (Tempat Uji Kompetensi). Dalam hal ini yang diverifikasi adalah seluruh Kompetensi Kelahlian yang ada di SMK Nusa Mandiri yang terdiri atas jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).

Guna menunjang terjaminnya kualitas pelaksanaan UKK, maka standarisasi alat atau sarana prasarana perlu dilakukan. Oleh karena itu Cabang Dinas XII melalui petugas verifikator, melakukan verifikasi terhadap kesiapan alat dan sarana prasarana dalam rangka kegiatan UKK di SMK Nusa Mandiri pada hari ini, Jumat 26 Februari 2021.

Tim Verifikasi yang ditunjuk oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII ke SMK Nusa Mandiri adalah Bapak H. Sutrisno,S.Pd, M.Pd. Verifikasi UKK dilaksanakan mulai dari kompetensi keahlian Teknik Bisnis Sepeda Motor, kemudian berlanjut ke kompetensi keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga, terakhir kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.

Kepala SMK Nusa Mandiri, Mochammad Maliki, S.T menyampaikan bahwa Tim UKK dari ketiga kompetensi keahlian telah mempersiapkan segala sesuatunya sesuai dengan instrumen verifikasi yang sudah di berikan. Namun masukan dari tim verifikator tetap kami simpan dan akan kami jadikan sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan serupa di tahun mendatang.

Dan, Alhamdulillah hasil verifikasi menyatakan seluruh kompetensi keahlian di SMK Nusa Mandiri sangat layak untuk menyelenggarakan kegiatan UKK.