SEKILAS INFO
20-05-2024
  • 9 bulan yang lalu / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Smk Nusa Mandiri pada tanggal 17 Juli 2023
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Syukuran Harlah SMK Nusa Mandiri ke 11 tahun tanggal 16 Mei 2023
  • 3 tahun yang lalu / Pelaksanaan Kegiatan Donor darah dalam rangka harlah SMK Nusa Mandiri ke 11 tahun dan Hari Pendidikan Nasioanal tanggal 2 Mei 2023
5
Dec 2020
0
Peningkatan Pembelajaran Mata Pelajaran Dasar Teknik Ketenagalistrikan melalui Aplikasi PHET

Oleh Mochammad Maliki, S.T

Teknologi terus membawa inovasi dalam dunia pendidikan, dan salah satu alat yang telah membuktikan efektivitasnya adalah aplikasi PHET. Dikembangkan oleh Universitas Colorado Boulder, PHET menyediakan simulasi interaktif berbasis web untuk memahami konsep ilmiah secara visual dan praktis. Pendidikan dalam bidang teknik ketenagalistrikan dapat ditingkatkan secara signifikan dengan memanfaatkan aplikasi PHET (Physics Education Technology) yang menyediakan simulasi interaktif untuk memahami konsep-konsep dasar dalam fisika dan teknik. Dalam konteks mata pelajaran dasar teknik ketenagalistrikan, aplikasi PHET dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan praktis.

 

Eksperimen virtual yang dapat dilakukan oleh siswa dengan berbagai komponen listrik seperti resistor, kapasitor, dan induktor. Mereka dapat mengubah nilai-nilai komponen ini dan mengamati bagaimana perilaku arus dan tegangan berubah sebagai respons. Ini memungkinkan siswa untuk menggali konsep dasar dalam teknik ketenagalistrikan tanpa harus melibatkan peralatan fisik.

Simulasi yang ditawarkan oleh aplikasi PHET juga mencakup visualisasi medan magnet dan elektromagnet. Siswa dapat melihat bagaimana medan magnet terbentuk, berinteraksi, dan bagaimana elektromagnet dapat dihasilkan melalui aliran arus listrik. Ini membantu siswa memahami dasar-dasar prinsip elektromagnetik yang relevan dalam teknik ketenagalistrikan.

Melalui simulasi dalam aplikasi PHET, siswa dapat menguji percobaan dalam situasi yang berbeda, seperti mengubah resistansi, tegangan, atau komponen lainnya. Ini memungkinkan mereka untuk mengamati dampak perubahan parameter pada hasil eksperimen dan memahami konsep-konsep dasar seperti hukum Ohm, perambatan sinyal, dan lainnya.

Menggunakan animasi, grafik, dan visualisasi interaktif aplikasi PHETuntuk membantu siswa memahami konsep-konsep dasar dalam teknik ketenagalistrikan. Dengan melihat bagaimana arus, tegangan, medan magnet, dan elemen-elemen lainnya berinteraksi dalam simulasi, siswa dapat menginternalisasi konsep-konsep ini dengan lebih baik.

Membawa dampak positif dalam pembelajaran mata pelajaran dasar teknik ketenagalistrikan. Melalui simulasi interaktif yang disediakan oleh aplikasi ini, siswa dapat lebih mudah memahami dan menguji konsep-konsep dasar dalam teknik ketenagalistrikan dengan cara yang praktis dan menyenangkan. Pemanfaatan teknologi ini memberikan alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk memahami konsep yang lebih kompleks dalam bidang teknik ketenagalistrikan

 

 

 

 

 

 

 

Video Terbaru

Data Sekolah

SMK Nusa Mandiri

NPSN : 69727642

Jl. Comal Baru Desa Ujunggede
KEC. Ampelgading
KAB. Pemalang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 52364