SEKILAS INFO
26-04-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Smk Nusa Mandiri pada tanggal 17 Juli 2023
  • 11 bulan yang lalu / Pelaksanaan Syukuran Harlah SMK Nusa Mandiri ke 11 tahun tanggal 16 Mei 2023
  • 3 tahun yang lalu / Pelaksanaan Kegiatan Donor darah dalam rangka harlah SMK Nusa Mandiri ke 11 tahun dan Hari Pendidikan Nasioanal tanggal 2 Mei 2023
26
Oct 2021
0
Latihan Dasar Kepemimpinan SMK Nusa Mandiri

Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini biasanya yang diberikan oleh Pengurus OSIS  lama kepada calon  Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat  Sekolah Menengah Pertama  maupun  Sekolah Menengah Atas ( untuk LDK tingkat sekolah menengah). Pelatihan dasar yang diberikan ini bertujuan untuk  memberikan bekal  kepemimpinan  kepada Pengurus OSIS baru yang nantinya akan menjadi  pemimpin  dari seluruh kesatuan OSIS dari  sekolah  yang bersangkutan.

LDK biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu  dan  tempat yang  berbeda. Untuk  LDK  Mental, yang  menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus  OSIS  lama melainkan  Pembina  OSIS, Kepala  Sekolah.

Begitu halnya di SMK Nusa Mandiri juga melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan ini. LDK ini dilaksanakan di SMK Nusa Mandiri pada Sabtu – Minggu, 6-7 Maret 2021. Pelaksanaan LDK ini dilaksanakan secara 2 tahap yakni LDK fisik dan LDK mental.

Untuk LDK Fisik materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk PBB / Pelatihan Baris Berbaris (PBB). PBB ini meliputi beberapa hal seperti:

  1. Baris Berbaris dasar:
  2. Hadap Kanan,
  3. Hadap Kiri,
  4. Balik Kanan
  5. Hadap Serong Kanan,
  6. Hadap Serong Kiri,
  7. Jalan Ditempat,
  8. Langkah Tegap Maju
  9. Meluruskan Barisan.
  10. Baris Berbaris Tingkat Menengah:
  11. Perpaduan antara Langkah Tegap Maju dengan Balik Kanan serta keempat jenis hadap-hadapan,
  12. Perpaduan antara Jalan Ditempat dengan Balik Kanan serta keempat jenis hadap-hadapan, dan
  13. Buka – Tutup Barisan.
  14. Baris Berbaris Tingkat Tinggi:
  15. Langkah Tegap Maju beregu,
  16. Haluan Kanan beregu,
  17. Haluan Kiri beregu,
  18. Belok Kanan beregu, dan
  19. Perpaduan antara Langkah Tegap Maju, Balik Kanan, keempat jenis hadap-hadapan, dan Jalan Ditempat.

Ujian Akhir: Perpaduan Keseluruhan Materi PBB.

Dalam LDK Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi.

Sedangkan untuk LDK Mental materi yang diberikan ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental yang berkaitan tentang Kepemimpinan

Selain itu dalam LDK ini di kombinasikan dengan Outbond , permainan yang berkaitan dengan kepemimpinan, dan pemberian materi kepemimpinan.

Arum Hidayatul Rizki, S. Pd selaku Pembina OSIS SMK Nusa Mandiri menambahkan “setelah seluruh calon Pengurus OSIS baru mengikuti kedua LDK ini, sesegera mungkin atau paling lambat 2 minggu setelahnya mereka akan dilantik menjadi Pengurus OSIS resmiPelantikan ini dilakukan oleh Pengurus OSIS lama dan disahkan oleh Kepala Sekolah. Pelantikan dan Pengesahan ini disaksikan oleh seluruh Dewan Guru dan siswa-siswi SMK Nusa Mandiri dalam sebuah upacara besar yaitu Upacara Pelantikan Pengurus OSIS baru Periode Kerja 2021/2022.”

Video Terbaru

Data Sekolah

SMK Nusa Mandiri

NPSN : 69727642

Jl. Comal Baru Desa Ujunggede
KEC. Ampelgading
KAB. Pemalang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 52364