SEKILAS INFO
23-04-2024
  • 8 bulan yang lalu / Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Smk Nusa Mandiri pada tanggal 17 Juli 2023
  • 11 bulan yang lalu / Pelaksanaan Syukuran Harlah SMK Nusa Mandiri ke 11 tahun tanggal 16 Mei 2023
  • 3 tahun yang lalu / Pelaksanaan Kegiatan Donor darah dalam rangka harlah SMK Nusa Mandiri ke 11 tahun dan Hari Pendidikan Nasioanal tanggal 2 Mei 2023
23
Jan 2017
0
Cara Meningkatkan Produktivitas

Ada banyak cara meningkatkan produktivitas, walaupun hal ini lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Mulailah dengan merencanakan perubahan kecil, lalu jalankan dengan baik sehingga menjadi sebuah rutinitas. Setelah terbentuk pola baru, kebiasaan melakukan perubahan kecil bisa membawa hasil yang besar.

        Tentukan prioritas dengan mempertimbangkan efisiensi. Aspek penting dalam meningkatkan produktivitas adalah bekerja secara efisien. Jika ada beberapa tugas yang harus Anda selesaikan, tentukan prioritas yang membuat Anda tetap aktif dan mau bekerja keras. Setiap orang memiliki cara kerja yang berbeda, tetapi nasihat ini bisa membantu meningkatkan produktivitas secara signifikan:

  • Prioritaskan tugas yang tidak Anda sukai. Jika Anda mulai bekerja dengan menyelesaikan tugas yang menyenangkan, Anda sudah lelah saat harus mengerjakan tugas yang kurang menyenangkan dan cenderung menundanya.
  • Jangan bekerja secara acak dari satu tugas ke tugas yang lain. Sebisa mungkin, fokuskan energi Anda untuk menyelesaikan tugas satu per satu. Jika perhatian Anda harus terbagi, berusahalah mengerjakan setiap tugas setidaknya selama satu jam. Bekerja hanya lima atau sepuluh menit untuk satu tugas adalah cara kerja yang tidak efisien.     
        

    Sempatkan beristirahat singkat, tetapi sering. Anda akan sangat lelah jika terus bekerja tanpa beristirahat. Otak Anda perlu beristirahat agar bisa tetap waspada dan terfokus. Beristirahatlah beberapa menit jika sudah terasa lelah atau pada waktu yang tepat untuk berhenti sejenak. Cobalah berjalan kaki, minum air putih, atau mengobrol.

    • Selama beristirahat, jangan melakukan aktivitas yang bisa mengalihkan Anda dari pekerjaan. Berlama-lama di depan komputer atau TV biasanya akan menjadi sesi panjang yang menunda pekerjaan.
    • Jika Anda sudah terlalu letih, pasanglah alarm sebagai pengingat agar bisa beristirahat setiap satu atau dua jam.
       

      Buatlah jadwal kerja. Tentukan jadwal kerja yang realistis menggunakan kalender biasa atau elektronik. Anda akan termotivasi untuk bekerja lebih keras dengan mewujudkan rencana dalam bentuk pengingat yang konkret dan bisa terlihat.

      • Masukkan waktu istirahat dan makan siang yang lebih panjang dalam jadwal ini.
      • Buatlah jadwal kerja untuk sehari penuh saat mulai bekerja. Di akhir hari, sisihkan waktu beberapa menit untuk menyusun draf jadwal kerja hari berikutnya

      Sumber : http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/2176/cara-meningkatkan-produktivitas

       

Video Terbaru

Data Sekolah

SMK Nusa Mandiri

NPSN : 69727642

Jl. Comal Baru Desa Ujunggede
KEC. Ampelgading
KAB. Pemalang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 52364