Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Pemalang – Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pada hari Selasa 01 Juni 2021 diselenggarakan secara terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan oleh SMK Nusa Mandiri.

Upacara dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara virtual secara virtual

Tema peringatan Hari Lahir Pancasila pada tahun ini adalah Pancasila Dalam Tindakan, Bersatu Untuk Indonesia Tangguh.

Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan hari lahir Pancasila harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan dalam bernegara.

“Pancasila saat ini sedang menghadapi tantangan globalisasi yang menawarkan kemudahan berinteraksi antar negara. Interaksi tersebut bisa positif misal berupa kemudahan perdagangan, bisa negatif berupa ideologi trans nasional radikal,” ungkap Jokowi dalam sambutannya.

Oleh karenanya, Jokowi meminta seluruh elemen bangsa Indonesia untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila pada diri setiap individu rakyat Indonesia.

Persatuan Indonesia sangat penting bagi kita semua, lanjut Jokowi, dalam menghadapi tantangan jaman dan melewati masa sulit seperti sekarang ini.

 “Hari Lahir Pancasila ini harus dihayati benar-benar seperti hari lahir kita sendiri, jadi Pancasila itu ya diri kita sendiri maka wajib kita jaga dari apa, dari berbagai penyakit, seperti radikalisme salah satunya,” ungkap Mochammad Maliki, S.T selaku Kepala SMK Nusa Mandiri.

Mochammad Maliki, S.T berpesan bahwa Pancasila ini sudah final sebagai dasar berbangsa dan bernegara.

“Kita semua wajib laksanakan perintah bapak Presiden untuk memperkokoh nilai-nilai Pancasila pada setiap diri kita masing-masing,” pesannya.