Kemah Pembaretan SMK Nusa Mandiri

Pramuka SMK Nusa Mandiri mengadakan kemah pembaretan pada 12 sampai 13 Maret 2021 di Pangkalan SMK Nusa Mandiri yang beralokasi di Jalan Raya Comal Baru Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Kegiatan ini dibuuka olehKamabigus SMK Nusa Mandiri yakni Mochammad Maliki, S.T

Setelah 1 semester berlalu kami ambalan Pangeran Radin- DYah Banowati Pangkalan SMK Nusa Mandiri mengadakan kemah bantara, tujuan nya adalah :

• Kegiatan menarik bagi anak atau pemuda

Kegiatan menarik di sini dimaksudkan kegiatan yang menyenangkan dan mengandung pendidikan. Karena itu permainan harus mempunyai tujuan dan aturan permainan, jadi bukan kegiatan yang hanya bersifat hiburan saja. Karena itu lebih tepat kita sebut saja kegiatan menarik.
• Pengabdian bagi orang dewasa

Bagi orang dewasa kepramukaan bukan lagi permainan, tetapi suatu tugas yang memerlukan keikhlasan, kerelaan, dan pengabdian. Orang dewasa ini mempunyai kewajiban untuk secara sukarela membaktikan dirinya demi suksesnya pencapaian tujuan organisasi.
• Alat bagi masyarakat dan organisasi

Kepramukaan merupakan alat bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, dan juga alat bagi organisasi untuk mencapai tujuan organisasinya. Jadi kegiatan kepramukaan yang diberikan sebagai latihan berkala dalam satuan pramuka itu sekedar alat saja, dan bukan tujuan pendidikannya.

Pramuka Penegak itu dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

1. Bantara

2. Laksana

PENEGAK BANTARA adalah orang muda yang sadar akan dirinya, sadar akan fungsinya sebagai bagian dari masyarakat dan mampu menjadi bagian antar komponen masyarakat. Disadari atau tidak, Penegak Bantara adalah pelopor bagi kemajuan masyarakat, pelopor bagi perubahan yang bermanfaat.

PENEGAK LAKSANA adalah orang yang sudah mengerti dan paham tentang apa itu pramuka dan berkeinginan dan berusaha untuk mempertahankan pramuka sebagai bagain dari bangsa dan negara serta dari bagian dari hidupnya. tidak sekedar ikut, namun sudah dapat memahami apa itu PRAMUKA secara UMUM.