Prakerin SMK Nusa Mandiri di Masa Pandemi

Salah satu program pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah praktik kerja industri (Prakerin) atau lebih sering disebut dengan program magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL).  Termasuk salah satunya adalah SMK Nusa Mandiri yang beralamatkan di Jalan Raya Comal Baru Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading  melaksanakan prakerin untuk siswa-siswanya. Prakerin itu sendiri adalah proses pembelajaran di dunia kerja (Dunia Usaha dan Dunia Industri).

Program ini bertujuan untuk mendukung kegiatan sekolah dalam rangka memberi gambaran kepada siswa- pada saat mereka terjun ke dunia kerja nanti sesuai dengan bidang kompetensi dan jurusan siswa-siswa tersebut. Di dunia kerja inilah siswa SMK menerapkan, memantapkan, dan meningkatkan kompetensinya. Siswa yang melaksanakan Prakerin adalah siswa kelas XI.

Siswa peserta magang ini dibagi dalam beberapa tim, dimana 1 guru pembimbing mengampu 3 – 4 siswa. Hal ini diharapkan agar para siswa dapat fokus dalam melakukan kegiatan magang dan pembimbing mudah dalam pembagian tugas kepada mereka. Dengan kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan para siswa peserta magang dapat memperoleh banyak manfaat , antara lain :

  1. Dapat menambah dan mengembangkan potensi ilmu pengetahuan pada siswa serta mengimplementasikan materi yang selama ini didapatkan di sekolah;
  2. Melatih keterampilan yang dimiliki siswa sehingga dapat bekerja dengan baik.
  3. Melahirkan sikap bertanggung jawab, disiplin, sikap mental, etika yang baik serta dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
  4. Menambah kreatifitas siswa agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
  5. Memberikan motivasi sehingga siswa bersemangat dalam meraih cita-cita mereka sesuai bakat yang dimiliki.