Motivasi Peserta Didik Jaga Lingkungan Sekolah dengan Gerakan Jumat Bersih, Aksinya Bikin Bangga

Untuk terus menjaga dan meningkatkan kebersihan sekolah, SMK Nusa Mandiri terus menggalakkan Program 4J yang sudah dicanangkan beberapa waktu yang lalu.

Program 4J ini merupakan akronim dari Jumat Sehat, Jumat bersih, Jumat rohani dan Jumat senam. Salah satu bagian dari program 4J ini adalah Gerakan Jumat bersih.

Eko Budi Prasetyo, S.T selaku Kepala SMK Nusa Mandiri menyatakan, gerakan ini merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman peserta didik akan kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan.

“Dari kegiatan Jumat Bersih ini juga banyak sekali nilai-nilai dan karakter positif yang bisa dikembangkan diantaranya adalah kerja sama, gotong royong, dan peduli lingkungan. Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat akan meningkatkan semangat belajar peserta didik,” ujarnya.

Satrio Novi Anggas adalah salah seorang peserta didik yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Menurutnya gerakan Jum’at Bersih ini sangat bermanfaat karena membuat peserta didik terbiasa hidup bersih dan sehat sekaligus untuk meningkatkan serta mengembangkan budaya kerja sama dan gotong royong sesama peserta didik dan seluruh warga sekolah.

Sofyan Arifandi, S.Pd, selaku Pembina OSIS menambahkan, gerakan ini diharapkan bisa berjalan secara berkelanjutan untuk terus memupuk kepedulian dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap kebersihan lingkungan.

“Semoga kesadaran peserta didik terhadap kebersihan dan lingkungan akan lebih meningkat lagi, khususnya di SMK Nusa Mandiri. Dengan demikian kebersihan lingkungan sekolah akan terus terjaga dan permasalahan kebersihan akan makin mudah ditanggulangi. Kuncinya adalah komitmen dan kerjasama dari seluruh warga sekolah untuk terus menjaga dan memlihara kebersihan lingkungan sekolah,” ujar Sofyan Arifandi, S.Pd.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *