JOB FAIR SMK NUSA MANDIRI-PEMALANG TAHUN 2019

Ribuan orang pencari kerja memadati Job Fair yang dilaksanakan di SMK Nusa Mandiri   yang beralamatkan di Jalan Comal Baru Desa Ujunggede, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Pemalang, Rabu (28/8/2019).

Para pencari kerja yang mengunjungi job fair tak hanya berasal dari Pemalang saja, melainkan juga dari berbagai daerah termasuk Pekalongan dan Tegal.

Kepala Sekolah SMK Nusa Mandiri menjelaskan bahwa JOB FAIR ini merupakan pelaksanaan yang kedua dimana bekerja sama dengan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia serta total  ada 30  perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk skala lokal, regional maupun nasional.

“Bidang  pekerjaan meliputi manufaktur, operator dan juga pekerjaan yang sesuai dengan skil SMK serta lembaga pelatihan kerja diharapkan para pencari kerja bukan hanya mencari lowongan kerja akan tetapi menambah skil keterampilan agar bisa bersaing dalam kancah nasional maupun internasional,” ungkapan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pemalang. .

Dijelaskan juga bahwa job fair yang diselenggarakan terbuka untuk umum selama dua hari, dan tidak menutup kemungkinan juga bagi siswa SMK yang masih sekolah.

“Memang ada program ijon untuk anak yang masih sekolah direkrut oleh perusahaan, dengan maksud setelah lulus langsung bisa bekerja,” jelasnya.

Dijelaskan pula oleh Arif Pratomo, S.Pd  bahwa sistem ijon Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK Nusa Mandiri. Sistem Ijon BKK yang sering dilakukan SMK Nusa Mandiri  untuk perusahaan manufaktur, yang biasanya merupakan peserta didik yang terpilih,” ujarnya.

Kementerian Dinas Tenaga Kerja Republik Indonesia yang berkesempatan membuka kegiatan tersebut sangat mengapresiasi digelarnya Job Fair.

Pasalnya, hal itu sebagai upaya saling mensupport program Pemerintah Kabupaten Pemalang dalam pengurangan angka pengangguran.