Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016

Bertempat di halaman sekolah, pada hari ini Jumat, 28 Oktober 2016 berlangsung Upacara Bendera dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diikuti oleh seluruh Guru, Staff Tata Usaha dan Siswa. Bertindak sebagai pembina upacara pada kesempatan tersebut Kepala Sekolah Eko Budi Prasetyo, S.T.

Sumpah Pemuda adalah salah satu tonggak sejarah yang penting bagi bangsa Indonesia. Seperti kita telah ketahui, ada tiga butir penting Sumpah Pemuda, yaitu bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu. Tiga hal ini merupakan faktor penting bagi negara kita. Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka kemudian menjadikannya sebagai dasar untuk membangkitkan rasa nasionalisme. Para pemuda tidak lagi berjuang sendiri, melainkan bersama-sama.

Perlu kita ketahui, Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Banyak hal yang melandasi para pemuda bertekad untuk bersatu. Mereka berpikir tidak akan bisa membuat Indonesia merdeka jika berjuang di kelompok sendiri. Kegagalan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia membuat mereka sadar bahwa rasa nasionalisme harus dipadukan. Karena itu, diadakanlah Kongres Pemuda I dan II. Mereka menjadi satu, menjadi “Pemuda Indonesia”. Semangat persatuan para pemuda pada masa itu harus diikuti pemuda masa kini. Yaitu, mengisi kemerdekaan dengan hal positif yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Ada sedikit perbedaan susunan barisan saat upacara pagi  ini. Pengurus Harian OSIS dan Jajaran Tinggi OSIS (JTO) masabakti 2015/2016 terlihat di penjurubarat dan timur lapanganupacara SMK Nusa Mandiri. Sedangkan di penjuru timur, berbaris rapiPengurus OSIS danJajaranTinggi OSIS (JTO) masabakti 2015/2016. di sebelah barat Calon pengurus Osis Baru Masa Bakti 2016/2017, MasaUpacara berlangsung seperti biasa, disisipi dengana cara serah terima jabatan OSIS SMK Nusa Mandiri.

Penyerahan diawakli dengan bertemunya barisan barat dan barisan timur.Barisan barat ‘mengusung’ bendera OSIS SMK Nusa Mandiri dan logo sekolah SMK Nusa Mandiri yang dibawa oleh Ketua OSIS 2015/2016, Selanjutnya dibacakan janji OSIS oleh Pembina Upacara yang kemudian ditirukan seluruh Pengurus OSIS dan JajaranTinggi OSIS (JTO) masabakti 2016/2017.

Untuk acara puncak, penandatangan janji OSIS di atas selembar kertas oleh ketua OSIS masabakti 2016/2017, Kirono. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bendera SMK Nusa Mandiri dan logo sekolah SMK Nusa Mandiri kepada barisan timur.Sebagai penutupan, dibacakan satu persatu namaPengurus OSIS dan JajaranTinggiOsis (JTO) masabakti 2016/2017. Seusai pembacaan nama-nama tersebut, barisan timur kembali ke sudut timur lapangan upacara SMK Nusa Mandiri, dimana barisan barat telah lebih dahulu kembali ke sudut barat lapangan upacara SMAN 3 Surakarta sebelum pembacaan nama-nama Pengurus OSIS dan Jajaran Tinggi Osis (JTO) masabakti 2015/2016 dimulai. Seusai kedua barisan kembali ke posisi semula, gemuruh tepuk tangan siswa maupun guru SMK Nusa Mandiri pun terdengar.