PERKEMAHAN PELBALA AMBALAN PANGERAN RADIN - DYAH BANOWATI  PANGKALAN SMK NUSA MANDIRI PETARUKAN

Pangkalan SMK Nusa Mandiri Petarukan baru saja mangadakan kegiatan Perkemahan Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana dan disingkat dengan bertempat di Bumi Perkemahan Desa Nyamplungsari Kecamatan Petarukan Kab. Pemalang dengan Komposisi Penegak Bantara 30 anak , calon Penegak Bantara 50 anak , Pembina 10 orang . Kak Muslim, SE selaku Ka. Mabigus dalam sambutannya saat Upacara Pembukaan Perbala berpesan agar peserta perkemahan selalu menjaga kesehatan , menjaga nama baik pangkalan SMK Nusa Mandiri Petarukan dan keluarga , menjaga kebersihan di lingkungan buper dan berperilaku baik dan menjaga ucapan serta tingkah laku pada saat perkemahan berlangsung dan penting lagi selalu menjalankan perintah dari para pembina maupun panitia dan selalu tetap menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya.
Gerakan Pramuka Sebagai pendidikan nonformal diluar sekolah yang telah masuk dalam kurikulum 2013 , wajib mengarahkan dan mengatur tindakan dan langkahnya sesuai dengan tujuan pendidikan dan sasaran Gerakan Pramuka , sehingga usaha tersebut merupakan proses pendidikan yang berkesinambungan dalam bentuk : a). Kegiatan Perkemahan Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana yang diadakan oleh Pangkalan SMK Nusa Mandiri Petarukan untuk melatih disiplin , tenggang rasa , patuh , bertanggung jawab , kesadaran berbangsa dan bernegara , jiwa nasionalisme dan Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa , dengan di dukung oleh ketahanan jasmani dan rohani . b ). Agar kegiatan Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana Pangkalan SMK Nusa Mandiri Petarukan tersebut berfungsi secara tepat guna dan berdaya guna , diperlukan pengaturan sesuai dengan Prinsip Dasar Metodik Kepramukaan dan Metode Kepramukaan , di laksanakan sesuai dengan kepentingan , kebutuhan , situasi dan kondisi masyarakat.Agar kegiatan peserta didik khususnya peserta Perkemahan Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana Pangkalan SMK Nusa Mandiri Petarukan dapat mencapai sasaran dan tujuan secara berdaya guna sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga , maka perlu adanya usaha kegiatan yang terarah dan sistematis sesuai dengan Standar Kompetensi Menengah sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan selanjutnya . Adapun dasar pelaksanaan perkemahan tersebut adalah Undang – Undang RI No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan Keputusan Presiden RI Nomor : 024 tahun 2009 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka

Adapun kegiatan yang dilaksanakan saat Perbala antara lain : untuk Calon Penegak Bantara berjalan selama 2 hari , untuk calon Penegak Laksana berkelana selama 2 hari untuk yang putra sedangkan yang putri menyiapkan makan selama 2 hari , Api Unggun , Ujian Syarat Kecakapan Umum ( SKU ) untuk calon penegak bantara dan laksana , masuk Pintu Gerbang Dasa Dharma dan bhakti sosial untuk warga sekitar , tidak lupa pelaksanaan Ibadah .

Upacara Pelantikan dilaksanakan setalah semua peserta telah berhasil melaksanakan semua materi yang ada di SKU Penegak Bantara dan Laksana serta masuk ke Gerbang Dasa Darma karena disitulah semua pesereta diuji tentang pengetahuan umum baik tentang pengtahuan kepramukaan dunia dan Indonesia juga pengertahuan peserta tentang sejarah Indonesia dan lain sebagainya . Kak Teguh Purnomo selaku Ka Gudep Ambalan Pangeran Radin – Dyah Banowati Pangkalan SMK Nusa Mandiri Petarukan bertindak sebagai Pembina Upacara dalam Upacara Pelantikan Penegak Bantara dan Penegak Laksana yang dilaksakana di Buper Desa Nyamplungsari , Kec. Petarukan Kab. Pemalang .