Standar Kelulusan TSM

1. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)

a. Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SMK/MAK)

1) Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja

2) Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya

3) Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

4) Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

5) Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global

6) Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

7) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan

8) Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

9) Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik

10) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks

11) Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial

12) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

13) Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

14) Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya

15) Mengapresiasi karya seni dan budaya

16) Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok

17) Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan

18) Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun

19) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

20) Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

21) Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis

22) Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris

23) Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

b.Standar Kompetensi Lulusan Kelompok Mata Pelajaran

1) Agama dan Akhlak Mulia

– Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja

– Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global

– Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial

– Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

– Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

– Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan

– Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama

– Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab

2) Kewarganegaraan dan Kepribadian

– Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia

– Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan

– Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global

– Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

– Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya

– Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi

– Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya

– Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

– Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis

– Berkarya secara kreatif, baik individual maupun kelompok

– Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani

– Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat kepribadian

– Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat

– Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain

– Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika.

3) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

– Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif

– Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif secara mandiri

– Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri

– Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang iptek

– Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks

– Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing

– Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab

– Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi

– Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis

– Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris

– Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya.

4) Estetika

– Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni

– Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni

– Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni

– Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.

5) Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan

– Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani

– Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani

– Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan.

c. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Produktif

1) Dasar Mesin Dan Konversi Energi

Memahami ilmu statika dan tegangan sebagai dasar dalam aplikasi pekerjaan jasa servis perbaikan otomotifMemahami proses pengecoranMemahami proses pembentukanMemahami proses pemesinanMemahami konsep motor bakarMemahami konsep motor listrikMemahami konsep generator listrik dengan konsep penggerak mulaMemahami konsep pompa fluida dengan berbagai aplikasinya sebagai dasar operasional komponen dan unit sistem pada ootomotif.Memahami konsep kompresor dan dapatMenjelaskan konsep refrigerasi sebagai dasar pemahaman pada aplikasi pengkondisi udara otomotif

2) Menggambar Teknik Otomotif

Memahami dan dapat mengaplikasaikan standar menggambar teknikMampu menggambar perspektif, proyeksi, pandangan dan potonganMemahami simbol-simbol kelistrikan untuk dapat menginterpretasikan pada pembacaan gambar kelistrikan otomotif (wiring diagram) Mampu menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian (wiring diagram)

3) Kerja Bangku

Menggunakan Peralatan dan perlengkapan di tempat kerja dan

mampu menerapkan prosedur keselamatan serta kesehatan kerja

Menggunakan alat ukur untuk aplikasi perawatan alat beratc. Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis, menggunakan alat-alat ukur mekanik, alat-alat ukur pneumatik, alat-alat ukur elektrik/elektronik sesuai standar operasional prosedur untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mekanik

4) Mesin Sepeda Motor

Mampu melaksanakan perbaikan engine sepeda motor yang meliputi,kepala silinder,system pendingin,system bahan bakar,system gas buang sesuai dengan S O P

5) Sistem kelistrikan Mampu melaksanakan perbaikan pada system kelistrikan dan instrument

sepeda motor yang meliputi ,system stater,system pengisian,system

pengapian sesuai dengan S O P

6) Pemindah tenaga

Mampu melaksanakan perbaikan pada system pemindah tenaga yang meliputi ,unit kopling,transmisi manual dan otomatis pada sepedamotor sesuai dengan S O P

7) Casis dan suspensi

Mampu melaksanakan perbaikan Casis dan Suspensi yang meliputi system hidrolik,syitem suspense,system rem,roda,ban dan rantai pada sepeda motor sesuai dengan S O P

8) Dasar Mesin Dan Konversi Energi

Memahami ilmu statika dan tegangan sebagai dasar dalam aplikasi pekerjaan jasa servis perbaikan otomotifMemahami proses pengecoranMemahami proses pembentukanMemahami proses pemesinanMemahami konsep motor bakarMemahami konsep motor listrikMemahami konsep generator listrik dengan konsep penggerak mulaMemahami konsep pompa fluida dengan berbagai aplikasinya sebagai dasar operasional komponen dan unit sistem pada ootomotif.Memahami konsep kompresor dan dapatMenjelaskan konsep refrigerasi sebagai dasar pemahaman pada aplikasi pengkondisi udara otomotif

9) Menggambar Teknik Otomotif

Memahami dan dapat mengaplikasaikan standar menggambar teknikMampu menggambar perspektif, proyeksi, pandangan dan potonganMemahami simbol-simbol kelistrikan untuk dapat menginterpretasikan pada pembacaan gambar kelistrikan otomotif (wiring diagram) Mampu menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian (wiring diagram)

10) Kerja Bangku

Menggunakan Peralatan dan perlengkapan di tempat kerja dan

mampu menerapkan prosedur keselamatan serta kesehatan kerja

Menggunakan alat ukur untuk aplikasi perawatan alat beratc. Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis, menggunakan alat-alat ukur mekanik, alat-alat ukur pneumatik, alat-alat ukur elektrik/elektronik sesuai standar operasional prosedur untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mekanik